Resep Membuat Kue Bawang Kentang Renyah Pedas

Zonasedap - Snack kue bawang dari kentang yang dicampur dengan keju merupakan salah satu jenis kue kering yang laris manis yang banyak dijual per kilo dengan harga murah meriah. Rasa gurih snack yang satu ini memang bikin ketagihan. Bagi yang suka pedas bisa menikmatinya dengan cocolan sambal saus tomat, atau bisa juga menambahkan taburan cabai bubuk yang dapat di beli di toko kue terdekat.

Kalau dulu biasanya orang menyebut sebagai keripik bawang goreng, tapi sekarang nama kerennya adalah snack bawang. Memang tidak menentu orang menyebutnya, tapi melihat bahan yang olah menggunakan kentang mungkin lebih tepatnya disebut snack kentang tapi dengan rasa pedas.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue bawang renyah dan enak tidaklah banyak dan mudah sekali di dapatkan. Sehingga siapa saja yang ingin membuatnya sendiri dirumah tentu tidak akan kesulitan.Saat waktu luang atau hari libur dapat anda manfaatkan untuk mengajak anak atau teman dekat untuk mencoba resep kue bawang kentang ini. Rasanya juga akan lebih lengkap karena bahan keju juga ditambahkan untuk membuatnya.

Sedikit tips : Umumnya untuk pemilihan bahan kentang goreng (French Fries bhs.inggis) yang digunakan sebaiknya yang berukuran besar, karena yang lecil lebih cocok untuk diolah menjadi masakan berkuah ataupun dikukus. Bisa juga diolah menjadi perkedel kentang untuk lauk makan. Jangan pula pilih kentang yang kulitnya ada bercak warna hijau agar tidak mempengaruhi rasa, tapi pilih yang warnanya kekuningan atau kuning muda. Sedangkan kentang sudah menurun kualitasnya dapat diketahui dengan saat ditekan terasa lunak dan mulai keluar tunasnya.

Secara sederhana tahap pembuatan dimulai dari persiapan semua bahan dan alat yang dibutuhkan seperti mesin untuk menggiling, jika tidak ada gunakan saja talenan bulat panjang yang terbuat dari kayu ataupun botol kecap juga bisa. Setelah semua sudah disiapkan, barulah kentang sebagai bahan utama membuat kue bawang direbus matang dan ditumbuk hingga halus. Sementara menunggu perebusan bisa anda gunakan untuk mengayak tepung terigu dan tepung sagu dulu. Dengan begitu waktu yang digunakan bagi yang super sibuk bisa lebih efisien. Langkah selanjutnya untuk membuat kue bawang kentang yang renyah bisa lihat resep lengkapnya berikut ini.

Resep Kue Bawang Kentang Renyah
Resep Kue Bawang Kentang

BAHAN DAN BUMBU :

  • 50 gram kentang
  • 150 gram tepung terigu protein sedang atau tepung beras
  • 50 gram tepung sagu atau kanji
  • ½ sendok the baking powder
  • 5 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok teh daun seledri, cincang halus
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 75 gram keju cheddar, diparut
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 sendok makan air es
  • Minyak goreng, secukupnya

SEBAGAI PELENGKAP :

  • 3 sendok makan cabai bubuk

CARA MEMBUAT KUE BAWANG KENTANG KEJU RENYAH DAN PEDAS :

  1. Kukus kentang hingga matang, lalu tumbuk hingga benar-benar halus.
  2. Sambil menunggu matang, ayak juga tepung terigu dan sagu hingga lembut.
  3. Campur jadi satu kedalam wadah tepung dan kentang tadi dengan tambahan baking powder, telur, bawang putih, seledri, kaldu ayam, garam, keju, dan air es. Aduk semua bahan hingga menjadi layak adonan yang mudah dibentuk.
  4. Giling dan pipihkan adonan dengan mesin penggiling mie beberapa kali hingga agak tipis.
  5. Jika menggubakan talenan atau botol alasi dulu dengan plastik bagian bawah agar tidak kotor.
  6. Iris adonan memanjang seperti stik menggunakan pisau dan potong dengan panjang sekitar 5 cm.
  7. Panaskan minyak dan goreng hingga matang  dengan api sedang. Angkat dan tiriskan jika warnanya sudah kuning keemasan.
  8. Terakhit tinggal menaburkan bumbu cabe pedas diatasnya. Kue bawang keju siap dinikmati.

Nah itulah resep membuat kue bawang dari kentang renyah rasa pedas yang sangat mudah dan sederhana sekali. Semoga informasi reseo kali ini menambah referensi untuk membuat camilan secara mandiri dirumah.

Jasa Isi Konten Artikel Website
Temukan jasa penuis artikel untuk website anda onepage
bit.ly/PenulisArtikelOnline

Jasa Penulis Artikel Online
Solusi artikel untuk update konten terbaik
bit.ly/PenulisArtikelSEO

Jasa Artikel SEO Friendly
Jasa penulis artikel online bahasa indonesia seo friendly
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Membuat Kue Bawang Kentang Renyah Pedas