Kumpulan Resep Masakan Nusantara Enak dan Praktis untuk Dibuat Makan Pagi, Siang, Malam Serta Aneka Kue Tradisional Sederhana Terbaru Ala Rumahan

Resep Sate Rembiga Lombok (NTB)

Resep Sate Rembiga Lombok asli indonesia berbeda dengan sate madura yang selama ini kita kenal. Cirikhas rasa pedas manisnya dibuat dari bahan seperti cabai kering, bawang putih, terasi, kemiri, gula merah, gula putih dan juga garam. Jadi tidak menggunakan bumbu kacang ataupun bumbu kecap pedas seperti sate pada umumnya. Daging yang digunakan pun tidak menggunakan ayam ataupun kambing, melainkan daging sapi yang sengaja tidak diberi makan pupuk pabrik yang terkadang mengandung bahan kimia, melainkan dilepas di padang rumput untuk makan sendiri. Daging kerbau dan daging kuda pun juga digunakan untuk membuat sate Rebiaga. Itulah mengapa sate ini begitu terkenal dan spesial sehingga banyak orang dari luar kota mampir jika sedang berada di lombok.

Nama sate rembiga sendiri memang diambil dari sebuah nama desa asal kuliner itu sendiri, yakni di desa dekat dengan eks-Bandara yaitu desa REMBIGA (Rembige) di NUSA Tenggara Barat. Lebih tepatnya di kelurahan selaprang, mataram, lombok. Potongan daging yang ditusuk biasanya agak besar, tapi karena yang digunakan lulur bagian daging sapi yang tidak mengandung lemak, sehingga membuat sate rembignya menjadi empuk banget dan mudah ditelan. Kalau saat ini warung yang menyediakan Sate Rembiga Khas Lombok juga ada di bali dan juga jakarta, rawamangun.
Resep Sate Rembigna Khas Lombok
Gambar Resep Sate Rembigna
Bagi yang pernah mampir menikmati sajian sedap sate di lombok selain sate bulayak, sate tanjung atau sate pusut yang juga banyak dicari, pasti bikin ketagihan dan ingin kembali lagi. Memang sudah banyak yang menjualnya, namun masing-masing orang punya favorit tempat makan tersendiri. Ada yang suka sate rembiga ibu sinnaseh dan ada pula yang lebih memilih sate rembiga utama yang pasti siap untuk goyang lidah.

Untuk menikmati citarasa gurih sate rembiga lombok kini bisa juga dibuat dirumah sendiri. Bahan yang digunakan mudah didapat dan cara membuatnya juga sederhana dan praktis. Jika tidak bisa mendapatkan daging sapi NTB maka bukan jadi masalah. Yang terpenting rasa khas bumbu sate rembiga kini bisa dicoba. Agar bumbu meresap kedalam maka diperlukan merendam potongan daging ke dalam bumbu hingga beberapa jam. Sehingga rasanya bisa benar-benar gurih dan tidak mengecewakan.

RESEP SATE REMBIGA LOMBOK

BAHAN :
  • 300 gram daging sapi (pilih tanpa lemak)
  • 3 sendok makan Kecap Manis
  • Beberapa lembar Daun pepaya
  • Tusuk Sate secukupnya

BUMBU HALUS :
  • 6 siung bawah putih
  • 4 buah cabe rawit kecil
  • 5 buah cabe rawit besar
  • 1/2 sdt terasi
  • 1/4 sdt garam
  • Gula merah secukupnya

CARA MEMBUAT SATE REMBIGA
  1. Cuci bersih daging sapi lalu potong dadu.
  2. Letakkan daging sapi diatas piring dengan dialasi daun pepaya dan tutup juga bagian atas dengan daun pepaya lagi. Diamkan selama 2 jam.
  3. Sementara itu campur rata semua bumbu halus dengan kecap manis.
  4. Lumurkan bumbu yang sudah jadi pada daging sapi. Tutuup kembali daging dengan daun pepaya dan tunggu selama setengah jam lamanya untuk hasil yang maksimal.
  5. Tusuk beberapa daging dan beri sedikit jarak agar matang sempruna.
  6. Bakar semua sate hingga matang sambil di bolak-balik agar tidak gosong.
  7. Hidangkan sate dengan lontong atau nasi hangat. 

Setelah membaca resep masakan berbahan daging ini semoga pecinta sate di indonesia bisa mengetahui betapa banyak kuliner khas nusantara yang enak dan bervareasi. Sehingga menambah wawasan memasak sendiri dirumah dan lebih mandiri serta bermanfaat bagi keluarga dan orang disekitar.
Baca Juga : Cara Memasak Rendang Daging Sapi Pedas Gurih
Update informasi resep masakan khas indonesia dengan cara membuatnya di blog Zonasedap ini dengan pilihan aneka menu yang sudah kami berikan. Semoga artikel yang membahas masakan khas daerah ini bisa dimengerti dan dipahami. Silahkan share sebanyak-banyaknya...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Sate Rembiga Lombok (NTB)