Cara Membuat Kerupuk Melarat Khas Cirebon

RESEP KERUPUK MELARAT - Kerupuk menjadi panganan yang gurih bikin haus namun selalu membuat ketagihan. Harganya yang murah disukai semua kalangan. Ciri khas kerupuk di indonesia memang kebanyakan digoreng dengan minyak. Namun jika sedang berkunjung di kota cirebon di dekat perbatasan jawa tengah ada kerupuk non kolesterol namanya “Kerupuk Melarat” bisa jadi pilihan tepat untuk buah tangan. Tidak perlu gengsi untuk menikmati makanan yang satu ini!

Kalu dibeberapa daerah seperti di kediri namanya kerupuk tayamum ada juga yang menyebutnya dengan kerupuk wedi/opak wedi hingga sebutan kerupuk gombal dan kerupuk kemplang. Karena memang tidak digoreng menggunakan minyak alias disangrai dengan menggunakan pasir (bahasa jawa wedi) sehingga tidak membahayakan kesehatan dan lebih aman dikonsumsi.

Ketenaran kerupuk melarat terlihat dari banyaknya pabrik pembuatan kerupuk ini di cirebon seperti di losari, plered, ciledug, palimanan hingga industri kecil rumahan. Sehingga turut serta membantu ekonomi masyarakat disekitar. Dibalik rasa gurihnya yang unik serta bentuknya yang berwarna-warni ternyata menyimpan sebuah cerita.

Latar belakang sejarah pada saat krisis jaman dahulu membuat nenek moyang kita berfikir kreatif. Keterbatasan pasokan minyak ternyata menjadi cikal bakal munculnya kerupuk melarat yang artinya miskin. Pada kenyataannya kerupuk melarat digemari semua orang, tidak hanya dari golongan bawah saja. Baik tua, muda kaya, miskin semua menyukainya. Paling cocok dimakan dengan siraman sambal asem khas cirebon, bisa juga petis ataupun sambal kacang pecel.

Jika tertarik untuk mencoba membuat sendiri dirumah tidak ada salahnya. Adapun komposisi bahan dasar yang digunakan terbuat tepung tapioka / tepung aci alias kanji serta bawang putih ditambah garam dan gula untuk memberi sedikit rasa. Pewarna makanan kuning dan merah bisa juga ditambahkan jika menginginkannya. Karena sederhana tentu tidak sulit untuk membutnya.

Sedangkan untuk mendapatkan rasa gurih yang khas perlu memperhatikan jenis pasir yang digunakan. Jadi bukan sembarang pasir ya, sebelumnya harus diayak terlebih dahulu agar seteril dan yang dipakai sisa dari saringannya itu. Setelah itu dicuci hingga bersih dan dikeringkan dulu supaya tidak lengket.

Adapun manfaat menggunakan pasir tentunya lebih irit dan hemat biaya, walaupun sedikit lebih susah saat proses pengggorengannya. Kalau sudah digunakan beberapa lama biasanya pasir akan terlihat berkurang dan semakin hitam, saat itu perlu diganti dengan yang baru.

Mungkin yang jadi perhatian beberapa orang takut mengkonsumsi kerupuk pasir karena dikhawatirkan ada logam yang  tergerus pasir sehingga ikut tercampur. Namun sepertinya hal itu tidak lantas membuat pamor kerupuk melarat berkurang pembelinya. Kalau buat sendiri gunakan saja wajan yang terbuat dari tanah liat yang bisa dipakai untuk menyangrai kopi.

Resep Kerupuk Melarat
Gambar Resep Kerupuk Melarat

RESEP KERUPUK MELARAT

Bahan-bahan:

  • 250 gram Tepuk tapioka / kanji
  • 1 sendok makan Garam
  • 4 sendok makan Gula
  • 5 butir Bawang putih

Cara Membuat Kerupuk Melarat:

  1. Timbang tepung tapioka sebanyak 250 kilo gram.
  2. Ulek bawang putih hungga halus. 
  3. Masukkan tepung tapioka, garam dan gula kedalam wadah. Aduk dengan sendok / sepatula plastik hingga merata.
  4. Tambahkan air hangat sedikit uleni hingga setengah kalis, masukkan bawang putihnya dan uleni lagi dengan tambahan air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan benar-benar kalis.
  5. Siapkan pelastik untuk membungkus adonan, kareti bagian masing2 ujungnya, pastikan benar-benar rapat.
  6. Kukus adonan kerupuk yang sudah dibungkus selama 2 sampai 4 jam lamanya.
  7. Buka bungkus dan dinginkan adonan sebelum dipotong tipis-tipis.
  8. Jemur terlebih dahulu kerupuk mentah yang sudah jadi agar bisa mengembang dengan sempurna saat disangrai dengan pasir.
  9. Gunakan pasir yang sudah dipersiapkan khusus untuk menggoreng.
  10. Sajikan dengan pelengkap sambal asam.

Seperti itulah tahapan membua membuat kerupuk melarat ala rumahan dengan bahan yang sangat mudah dicari. Bedanya kalau di industri sekala besar seringkali adonan kerupuk dibuat lebih encer, setelah itu dituang kedalam tempat seperti layaknya loyang berdiameter besar dan diratakan tipis. Menurut wikipedia sendiri kerupuk tergolong makanan ringan asli Nusantara. Biasa dijadikan pelengkap makan atau hanya sebagai cemilan saja.

Pada dasarnya kebanyakan kerupuk hampir sama menggunakan tepung tapioka, tapi pada perkembangannya ada yang memakai nasi dan ubi ketela pohon. Kemudian untuk rasa diberilah perasa udang atau ikan yang paling umum. Sama seperti resep kerupuk melarat diatas, awalnya adonan kerupuk dikukus sampai matang, setelah itu dipotong tipis-tipis, selanjutnya dijemur di terik matahari sampai kering. Semoga beberapa informasi tambahan ini bisa memperkaya wawasan bersama sebagai pecinta makanan khas indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Kerupuk Melarat Khas Cirebon