Resep Getuk Goreng Khas Sokaraja Purwokerto

RESEP GETUK GORENG? ya kali ini blog zonasedap.blogspot.com akan mengajak Anda mencicipi oleh-oleh khas indonesia yang terbuat dari ketela pohon / singkong. Salah satu jajanan warisan tradisional asli khas sokaraja tepatnya di daerah banyumas JATENG ialah getuk goreng yang sudah lama ada, rasanya gurih dan manis gula jawa beraroma sangat wangi.

Penemu resep getuk sokaraja yang jaraknya dekat dengan purwokerto mengaku tidak menyangka jika olahan kue basah yang sederhana ini menjadi ngehits setelah digoreng. Yang membedakan dari getuk pada umumnya yakni pada cara penyajiannya. Umumnya gethuk lindri yang versi original dimakan dengan parutan kelapa yang dicampur gula pasir biasa, tapi getuk sukaraja / purwokerto ala haji tohirin berbeda, justru digoreng dulu sampai kecoklatan dengan bentuk kotak. Sehingga saat digigit sensasi rasanya empuk dan guri membuat ketagiahan bagi siapa saja yang pernah mencobanya.

Untuk mendapatkan aneka rasa getuk yang enak dengan berbagai modifikasi modern saat ini banyak tersebar di berbagai kota lainnya mulai dari getuk granat atau yang pakai isi cokat, rasa asin, durian, nangka, labu kuning, telo ungu, dll. Namun bagi yang malas pergi keluar kota karena jauh solusinya ya bikin sendiri saja dirumah. Biaya untuk membeli bahannya tidak akan menguras kantong dan cukup mudah untuk dipraktekkan oleh pemula sekalipun.

Yang penting perhatikan kualitas singkong yang digunakan, pilih yang tidak kacel / keras, biasanya yang empuk bagian dalam agak berwarna pink. Sedangkan adonan kulit bagian luar mirip adonan pisan goreng crispy tapi dibuat tidak terlalu encer.
Resep Getuk Goreng Khas Saroja Purwokerto
Gambar Resep Getuk Goreng Purwokerto

RESEP GETUK GORENG

Bahan :

  • Singkong 600 gram
  • Gula jawa 60 gram
  • Mentega 1 sdm
  • Sedikit garam
  • Tepung roti/panir
  • Tepung terigu
  • Sedikit air
  • Minyak digunakan untuk menggoreng
  • Vanili atau bisa juga diganti daun pandan

CARA MEMBUAT GETUK GORENG :

  1. Kupas semua kulit singkong potong2 menjadi beberapa bagian, cuci bersih dengan air mengalir.
  2. Rebus singkong/kukus sampai benar-benar matang dan lunak. Tiriskan air yang tersisah.
  3. Sambil menunggu singkong matang, sisir dulu gula merah dan cairkan dengan air panas tapi jangan terlalu encer ya. Aduk rata dan tambahkan sedikit garam dan vanili atau daun pandan supaya harum.
  4. Tumbuk singkong selagi panas, sebelum benar2 halus tambahkan mentega dan siram larutan air gula jawa sampai tercampur rata.
  5. Ratakan di cetakan loyang, lalu iris memanjang dan potong kotak ukuran 2x2. Bisa juga langsung dibulatkan dengan tangan, sesuai selera bunda saja.
  6. Buat bumbu celupnya: campur terpung beras dan terigu dengan sedikit garam. Jangan terlalu kental ataupun terlalu encer.
  7. Celupkan potongan getuk dan goreng hingga kering kecoklatan.
Baca Juga : Resep Soto Sokaroja Purwokerto

Sajikan gorengan getuk khas sokaraja purwokerto selagi hangat dengan wedang di sore hari. Jangan lupa share jika bermanfaat, Salam ngapak, ora ngapak ora kepenak…
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Getuk Goreng Khas Sokaraja Purwokerto