Resep Seblak Basah Bandung Pedas Gurih

Pengen makananan pedas? Seblak Basah khas bandung asli cocok buat pecinta kuliner pedas. Awalnya seblak dibuat menggunakan bahan dasar kerupuk (aci) yang masih mentah, bisa kerupuk warna, kerupuk udang putih ataupun kerupuk kemplang rasa ikan. Karena berhasil memikat hati masyarakat indonesia dengan rasanya yang gurih dan pedas dengan aroma kencur yang kuat, sampai akhirnya terkenal sampai ke berbagai provinsi. Walaupun rasanya pedes tidak sedikit anak kecil yang doyan memakannya, apalagi anak mudah yang jomblo sendiri. Kalau mampir di kota bandung kita juga bisa temukan oleh-oleh seblak instan disana baik yang seblak kering maupun basah.

Keberadaan Seblak Bandung kini sudah mengalami banyak modifikasi dengan berbagai varian. Sebut saja di jakarta ada aneka seblak mulai seblak kerupuk, mi, kwetiaw, macaroni, telur, bakso, sosis, ceker, kikil, rendang, sayap hngga seblak burger basah yang mungkin terdengar unik. Selama ini masih banyak orang yang menganggap makanan seblak dibuat dari kerpuk kuning yang di godog dengan bumbu citarasa pedas. Namun sebenarnya seblak sendiri adalah nama dari bumbunya itu sendiri yaitu kencur dalam bahasa sunda disebut cikur. Sedangkan kerupuknya digunakan sebagai toppingnya.
Resep Seblak Basah Bandung Pedas Gurih
Gambar Resep Seblak Basah Bandung
Baca : Resep Bubur Ayam Bandung Spesial Enak
Kalau kamu ingin membuat seblak basah versi bandung asli kamu bisa coba resepnya disini. Admin dapat resep seblak basah dari orang bandung asli lo. Bahannya yang mudah sekali didapat di pasar, warung dan supermarket tentu bukan jadi kendala untuk mencobanya. Hemmm.. yang pasti teksturnya yang kenyal dan segar paling pas dimakan saat masih panas. Yuk nyeblak biar basah kuyup.

RESEP SEBLAK BASAH BANDUNG

Bahan (Sesuaikan Bumbunya sebanding dengan Kerupuk) :
  • Kerupuk aci mentah, sesuai keinginan.
  • Bumbu Halus
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Garam Secukupnya
  • Cabai Rawit (sesuaikan tingkat kepedasannya)
  • Kencur
  • Gula secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya

CARA MEMBUAT SEBLA BASAH
  1. Ulek semua bumbu dengan cara tradisional menggunakan cobek. Sampai disini sebenarnya bumbu gurih seblak sudah jadi, gampang sekali kan.
  2. Panaskan minyak, tumis semua bumbu hingga tercium harum.
  3. Masukkan air sebanding dengan jumlah kerupuk yang akan dimasak. Aduk rata bumbunya dan tunggu hingga mendidih.
  4. Masukkan kerupuk dan masak dengn cara ditutup agar bumbu seblak bisa meresap dan matang sempurna.
  5. Jika airnya sudah setengah surut tambahkan garam dan gula secukupnya lalu aduk kembali.
  6. Tutup dan masak lagi hingga kerupuk menjadi alot kenyal. Aduk hingga mendapatkan kekentalan kuah yang aanda inginkan.
  7. Jika merasa airnya kurang tambahkan air panas saja agar cepat mendidih.

Baca Juga : Tips Membuat Keripik Singkong Renyah

Nah itulah resep cemilan sederhana seblak basah bandung yang bisa dimodifikasi isiannya dengan makaroni, mie dan lain sebagainya. Jangan kaget kalau gampang membuatnya, karena cirikhas bumbu dasarnya memang cabai dan kencur itu sendiri. Dari situ anda dapat juga menambahkan bumbu lain jika ingin rasanya lebih kaya dan spesial. Misal ditambah tomat, kecap, daun bawang,  penyedap rasa atau sayuran biar tambah sehat. Yang pasti seblaker mania bisa berkreasi dengan bahan yang diinginkan, update terus resep masakan khas indonesia dan cara membuatnya dimari.

Jasa Isi Konten Artikel Website
Temukan jasa penuis artikel untuk website anda onepage
bit.ly/PenulisArtikelOnline

Jasa Penulis Artikel Online
Solusi artikel untuk update konten terbaik
bit.ly/PenulisArtikelSEO

Jasa Artikel SEO Friendly
Jasa penulis artikel online bahasa indonesia seo friendly
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Seblak Basah Bandung Pedas Gurih